Rabu, 01 Juli 2009

Tip menggunakan layanan jaringan sosial

Dewasa ini semakin menjamur layanan jejaring pertemanan di Internet, yang dapat diikuti oleh semua orang baik yang muda maupun yang tua sepanjang mereka memiliki konektifitas dengan internet. Nah, agar kita tidak membuat kesalahan yang fatal dalam menggunakan layanan jaringan sosial ini maka perlu mempunyai tip-tip tertentu agar jejaring pertemanan yang kita ikuti aman bagi kita.

Beberapa hal yang harus diperhatikan disaat anda mengambil keputusan memiliki identitas maya ( akun layanan ) di tempat berkumpul virtual adalah :

1. Pergunakanlah identitas anonim atau identitas alias daripada identitas asli, kecuali anda benar-benar menghendakinya. Hal ini berguna untuk menghindari pencurian data pribadi atau penyalahgunaan nama hingga merusak reputasi anda.

2. Pastikan bahwa anda hanya menyimpan atau mengupload foto, musik dan video milik anda sendiri atau yang sudah bersifat publik di layanan semacam ini. Menyimpan karya orang lain yang masuk dalam kategori bajakan atau menyalin tanpa ijin pembuatnya, dianggap sebagai tindakan ilegal dan melanggar hukum hak cipta.

3. Tentukan batasan waktu akses agar tidak lupa waktu ketika memasuki situs layanan tersebut. Juga hindari mengakses dari jam dan tempat kerja karena jelas menyita waktu produktif anda dan hal itu jelas tidak etis.

4. Sebaiknya tidak mengemukakan kebencian, hujatan atau menyerang pihak atau orang lain.

5. Hindarilah menanggapi kontak dari orang-orang yang bermaksud tidak baik, sehingga jaringan pertemanan anda tetap netral dan menjadi relatif aman dari gangguan.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bersifat membangun, admin akan menghapus komentar yang bersifat SPAM

 
Copyright @ 2009 CoretanAsal: Tip menggunakan layanan jaringan sosial | Original Template: MINIMA| Modified By NATALUDIN | Top
Thanks for : BLOGGER | PHOTOBUCKET | PICASSA