Kamis, 09 Juli 2009

Peretas Berita Online

Adanya peretas berita ( News Aggregator ) sangat mempermudah pengguna untuk membaca berita yang paling aktual dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan dari pengguna tersebut.

Layanan ini menghadirkan daftar artikel berita berdasarkan aktualitas, kontekstualitas, tingkat popularitas berita terhadap perkembangan situasi terkini dan informasi tentang sumber artikel dan situs berita yang memuatnya. Berita disajikan menurut waktu pemuatan artikel, yang biasanya disajikan terbatas sebatas judul berita, nama penyedia berita, ringkasan atau potongan artikel dan link yang mengarah ke situs daripada sumber berita/ artikel tersebut.

Peretas berita bisa dianalogikan seperti daftar isi pada halaman depan sebuah buku. Daftar isi, yang selalu berubah setiap saat dan mengandung tautan atau link yang berfungsi sebagai pengantar bagi pembaca menuju situs daripada sumber artikel secara utuh.

Selain mencari berita dari daftar isi, pembaca dapat dapat mencari suatu artikel melalui kotak pencarian atau bisa disebut search box, sama persis seperti kita mencari informasi melalui mesin pencari atau search engine.

Peretas berita ini mengindeks artikel berita dari beragam situs berita yang bisa dipercaya validitasnya, biasanya bekerja sama dengan beberapa kantor berita. Pemilik situs berita akan diuntungkan karena lalulintas pembaca akan semakin meningkat.

Beberapa peretas berita yang paling populer adalah :

1. Yahoo News (http://id.news.yahoo.com)

Tampilan layanan ini sangat menarik dan sistematis, dibagi dalam beberapa topik dan dilengkapi dengan gambar maupun video singkat yang relevan. Yahoo News juga memiliki kontrak kerjasama dengan beberapa situs berita, sehingga Yahoo News dapat menampilkan artikel berita secara lengkap dan secara langsung di situs layanannya. Dengan demikian, berita dapat dinikmati lebih cepat tanpa harus pergi ke situs berita sumbernya. Di Yahoo News juga tersedia beberpa editorial dan analisis berita yang memang disusun sendiri oleh Yahoo News.

Bagi pengguna Handphone dapat menikmati versi layanan yang lebih ringan melalui alamat wap.oa.yahoo.com, yang mana berita dan artikel disajikan secara full-text, cocok untuk dicek atau dinikmati bagi pembaca yang memiliki akses internet yang lambat.

2. Google News (www.news.google.com)

Seperti layanan Google yang lain, tampilannya minimalis dibagi dalam beberapa topik dan dilengkapi dengan gambar pendukung yang relevan. Tersedia juga versi teks yang sesuai untuk keperluan etak dan akses cepat.

Google News mengandalkan search box dan advanced search, selain itu terdapat juga fitur Google News Archive dengan alamat http://news.google.com/archivesearch, yang mempunyai kemampuan mengindeks arsip berita higga beberapa tahun yang lampau.
Namun terkadang ada beberapa arsip berita tidak bisa dikonsumsi secara gratis oleh pengunjung, karena merupakan bagian dari arsip internal mereka masing-masing.

3. Ask News (http://news.ask.com)

Tampilannya sederhanan dengan variasi yang mudah dipelajari, menghadirkan deretan daftar berita yang terbagi dalam beberapa topik. Berita yang diindeks adalah berita terbaru yang tersaji dalam deretan ringkasan berita sekaligus dilengkapi dengan tautan/ link.

4. Topix News (www.topix.net)

Situs ini membagi berita dalam beberapa kategori topik, berita yang diindeks mempunyai rentang waktu satu tahun, dari berita paling baru yang baru muncul beberapa menit lalu sampai kumpulan berita satu tahun yang lalu. Layanan ini meretas berbagai situs dan sumber berita yang kemudian ditampilkan dalam daftar berbentuk ringkasan pendek mengenai suatu artikel berita dan dilengkapi tautan/ link. Topix News juga menampilkan bagian berita lokal dari lokasi pembaca secara otomatis.

Masih banyak lagi peretas berita jika kita mau mencarinya di internet.
Nah selamat berkunjung dan nikmati beritanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bersifat membangun, admin akan menghapus komentar yang bersifat SPAM

 
Copyright @ 2009 CoretanAsal: Peretas Berita Online | Original Template: MINIMA| Modified By NATALUDIN | Top
Thanks for : BLOGGER | PHOTOBUCKET | PICASSA