Jumat, 03 April 2009

Manfaat Bawang

Rasanya hampir tidak ada di antara kita yang tidak mengenal jenis bumbu dapur yang disebut dengan BAWANG ini. Baik bawang merah, bawang putih, bawang prei maupun jenis bawang lainnya sudah terlalu akrab dengan kita.

Dari berbagai jenis bawang, pada postingan ini hanya akan dibahas tiga jenis yaitu bawang merah ( Allium Ascalonicum ), bawang putih ( Allium Sativum ) dan bawang prei yang dimanfaatkan seluruh tanamannya. Sedangkan untuk bawang merah dan bawang putih hanya dimanfaatkan umbi akarnya.

Bawang Putih mengandung semacam zat antibiotika yang disebut Allicin kemudian juga Scordinin yang bersifat mempercepat pertumbuhan, meningkatkan stamina, menurunkan kadar kholesterol serta dapat meningkatkan produksi sperma. Disamping itu bawang putih juga mengandung mineral Selenium dan Germanium yang dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan pencegah terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah.
Bawang merah dan bawang prei juga mengandung zat-zat yang fungsinya hampir sama.

Bawang Merah dipercaya dapat menyembuhkan cacingan, sakit perut karena banyak makan, diare, sakit pinggang, sakit kepala, demam, perdarahan pada wanita, wasir serta dapat menguatkan tubuh.

Bawang Prei dipakai dalam ramuan obat kembung. Sedangkan bawang putih dapat menghilangkan keluhan sakit kepala, radang pernapasan, sakit perut, cacingan, rematik serta dapat berfungsi sebagai antibiotik bagi luka yang tidak terlalu besar. Bawang putih juga digunakan sebagai ramuan obat kuat dan perangsang gairah.

Beberapa siung bawang merah, beberapa batang tempu wiyang, tiga butir adas, sepotong pulasari, segenggam daun pegagan, daun wungu dan kunyit direbus. Air rebusan ini baik diminum setiap pagi dan sore untuk menanggulangi keluhan wasir. Baluran bawang merah dengan minyak dapat menyembuhkan masuk angin.

Pada anak kecil yang mengalami kesulitan untuk buang air kecil sehingga demam maka kompres perutnya dengan bawang merah, daun peterseli dan tawas. Ini dapat mengurangi penderitaannya. Batuk, dengan minum rebusan dari dua buah bawang merah, segenggam daun pegagan, sesendok teh daun meniran, sepotong kayumanis cina, setengah sendok teh bubuk adas manis dan sepotong pulasari. Ramuan ini dapat berfungsi merangsang pembuangan dahak sehingga meredakan gatal-gatal pada tenggorokan.

Diare yang sangat mengganggu dapat dihentikan dengan ramuan bawang putih, lengkuas dan lada. Sedangkan sesak napas dapat dilonggarkan dengan minum sirup bawang putih yang dibuat dari campuran bawang putih, gula dan air. Sirup ini juga baik untuk penderita gangguan hati atau pengidap sakit kuning.

Sengatan serangga diobati dengan cara dibalur dengan bawang putih yang ditumbuk halus dengan sedikit sendawa dan garam atau cuka. Baluran dari bawang putih dengan madu dapat menghilangkan memar pada tubuh. Campuran tersebut juga dapat memberantas kurap. Luka dapat cepat sembuh jika diobati dengan tumbukan bawang putih yang diberi minyak zaitun

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bersifat membangun, admin akan menghapus komentar yang bersifat SPAM

 
Copyright @ 2009 CoretanAsal: Manfaat Bawang | Original Template: MINIMA| Modified By NATALUDIN | Top
Thanks for : BLOGGER | PHOTOBUCKET | PICASSA